Sabtu, 22 Maret 2008

Aha Eureka: Simbol ini berarti . . .#2

Pernah melihat simbol ini atau simbol ini

Nah, manakah yang merupakan simbol Nazi dan manakah simbol agama Hindu?

Ya, simbol ini terkenal dengan nama swastika. Baik Nazi maupun agama Hindu menggunakan simbol yang sama.

Swastika dipercaya sebagai sebuah simbol yang sangat tua kira-kira 3000 tahun yang lalu. Swastika,menurut teori dari Goblet d'Alviella, ahli semiotika, merupakan simbol dari matahari. Swastika telah digunakan lama sebelum kelahiran Nabi Isa di Iran, Chima, India, Jepang dan Eropa bagian Selatan. Akan tetapi, bangsa Sumeria dipercaya menggunakan simbol ini terlebih dahulu.

Di Cina pada masa dahulu mereka telah memiliki simbol
dengan nama wan. Adapun di Jepang simbol swastika digunakan sebagai simbol angka 10.000 yaitu angka terbesar.

Sementara di India, kata swastika dari bahasa Sanskrit su = good, dan asti = menjadi , dengan mendapatkan akhiran ka. Dan arah tangan swastikanya mengikuti arah jarum jam.

Swastika ini ternyata memiliki nama lain di tempat yang berbeda. Nama Hakenkreuz di gunakan di Jerman untuk para pangeran, fylfot di Inggris, crux gammata di negeri Latin dan tetraskelion atau gammadion di Yunani.

Bagaimanapun demikian, nama swastika tetap satu memiliki arti sentral yaitu kekuatan, energi dan migrasi.

Oleh karenanya, tidaklah mengherankan bila Nazi menggunakan simbol ini. Hitler ingin mengatakan kepada dunia bahwa ia memiliki kekuatan yang hebat dengan disimbolkan melalui swastika ini.

Ada dua model swastika, pertama model
dan model . Untuk model terakhir ini dipercaya memiliki makna lebih positif.

Meski demikian kedua-duanya memiliki arti tersendiri bagi yang menggunakannya, seperti Hitler yang menggunakannya untuk ambisi pribadi yang jahat.

Tidak ada komentar: