Jumat, 09 November 2007

Today's AHA EUREKA! #1: 2.700 Bahasa di Dunia

Today's AHA EUREKA! mencoba menyajikan kepada Anda hal-hal yang menarik tentang fakta-fakta yang fenomenal di segala bidang, baik umum maupun khusus. Ada banyak situs sebagai rujukan penulis, dua situs yang penting adalah www.didyouknow.org.dan www.indianchild.com. Kedua situs ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Penulis mencoba menyajikannya kepada Anda dalam bahasa Indonesia agar Anda dapat memahami sesuatu dengan baik dan cepat. Today's AHA EUREKA! tidak mencoba menjadi sebuah ensiklopedi, tetapi ingin berusaha membagi pengetahuan dengan harapan slogan AHA EUREKA!benar-benar slogan "Aha Aku telah menemukannya!". Untuk edisi perdana ini, penulis mencoba menyajikan fakta tentang bahasa di dunia. Mengapa ini dipilih oleh penulis? Karena bahasa adalah bidang yang ditekuni oleh penulis ketika masih duduk dibangku kuliah. Baikklah, selamat untuk ber- AHA EUREKA!.
2.700 Bahasa di Dunia, 365 di antaranya ada di Indonesia
Bumi dengan beragam kepulauan telah menyimpan begitu banyak ragam ras, budaya dan bahasa. Dan dari semua bahasa di dunia, ternyata bumi kita dihuni oleh sekian manusia dengan 2.700 bahasa dengan 700 dialek. Ada 1000 bahasa di benua Afrika. Dari sekian bahasa yang ada di dunia ini, bahasa yang disebut sulit untuk dipelajari oleh orang lain adalah bahasa Basque. Bahasa Basque adalah yang digunakan oleh masyarakat di negara Spanyol bagian Barat Laut dan Perancis bagian Barat.

Adapun bahasa yang paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Mandarin dan diikuti oleh bahasa Inggris. Tetapi sebagai bahasa penduduk setempat, bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan. Seperti yang kita ketahui, negara-negara Amerika Latin seperti Argentina, menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa sehari-hari. Tetapi sebagai sebuah bangsa, kita harus bangga karena 356 bahasa (belum termasuk dialek) ada di Indonesia. Dan kita memiliki bahasa persatuan yang sudah menjadi kesepakatan yang tidak berlarut-larut. Dapat Anda bayangkan bagaimana jadinya 356 bahasa saling merasa unggul sebagai bahasa persatuan.
Semenmtara bahasa muda adalah bahasa Afrika yang digunakan di Afrika Selatan.Disebut bahasa muda karena bahasa ini baru terbentuk dan digunakan sebagai bahasa pengantar.
Bahasa Latin, sebagai salah satu bahasa tertua di dunia, hanya masih digunakan di negara Vatikan sebagai bahasa resmi. Adapun bahasa Somali hanya dipakai di negara Somalia saja.
Jika Anda menonton film The Lord of The Rings, maka akan Anda dapatkan kejeniusan dari JRR Tolkien, pengarang novel tersebut dan juga Peter Jackson, sang sutradara. Dalam film tersebut, kita disuguhi oleh bahasa yang sangat asing dari kaum elf. Apabila bahasa elf ini digunakan dalam komunikasi sehari-hari maka ia dapat menjadi bahasa baru.

Tidak ada komentar: